Jumat, 23 Desember 2011

Kiat khusus menghadapi ujian

 

Ujian...ujian...dan ujian..sepertinya permasalahan tak akan mau beranjak lepas dari kehidupan mahasiswa. yah, permasalahan yang satu ini memang agak rumit dan selalu menjadi kesulitan sendiri bagi mahasiswa, Ujian Akhir semester. sebenarnya kunci dari ujian ini sangatlah mudah, kuasai seluruh materi, maka soal apapun yang diberikan bukan menjadi masalah yang berarti. Namun disinilah letak masalah yang banyak dihadapi para mahasiswa.

dalam artikel yang singkat ini, saya mencoba membantu kawan kawan, untuk setidaknya melonggarkan beban yang menyesakkan dada, belum lagi yang sudah persiapan seminar kolokium hingga skripsi, pasti juga menyesakkan kepala juga...hehehhe

okelah, taruh kita tidak terlalu memahami materi dari matakuliah yang diberikan bapak ibu dosen di kelas. Namun apakah kita harus menyerah sampai disitu???ohhh...tidak bissaaaa........kita tetap harus bersemangat. bagaimana caranya??
ini adalah 10 kiat menuju sukses ujian akhir semester khusus untuk mahasiswa yang bermasalah dengan pemahaman konsep di kelas.

1. Seminim minimnya mahasiswa yang nyatet materi dikelas, pasti 25% dari seluruh populasi di kelas punya catetan materi, atau ppt, atau pdf atau apalah tentang materi. Kumpulkan semua sumber, bila perlu foto copy tuh semua catetan teman dan kalau bisa yang terpercaya, jangan hanya karena dia pacar kamu, lalu catetannya selalu kamu pakai, padahal do'i juga nyatetnya angin-anginan..sama juga bo'ong...

2. setelah kamu kumpulkan seluruh referensi, ajak teman-teman kamu untuk kumpul kumpul bareng, bilang ajah, kamu mau ngadain maen PS atau remi, atau apalah, yang penting mereka kumpul, setelah itu ajak mereka diskusi tentang materi yang mungkin besok muncul. yakinlah dengan bersama sama maka usaha kamu akan lebih lancar dalam menghadapi ujian besok,share pemahaman...

3. kalo udah memang terpaksa, lakukan sistem SKS, system kebut semalam. dengan sistem ini diharapkan paling tidak menambah jam terbang tirakat kamu. kalo mau sukses ya tirakat donk...tapi jangan samapi lupa sholat isya'nya, selanjutnya ditambahin tahajudnya...by the way, ngomong sedikit tentang tahajud, ini musti rutin kamu lakukan, biar tambah siiipp amalan ente....untuk belajarnya maksimal sampai jam 1 ajah yaa, ntar neg terlalu pagi, besok subuh gag bisa belajar lagi.
4. jangan takut dan gentar dalam melangkah menghadapi ujian, percaya diri...jangan lupa subuh diulang lagi tuh materi.

5. jujur harus selalu dijunjung tinggi, jangan nyontek mulu...percaya dengan kemampuan diri sendiri, tapi nek udah mentok seh ga papa juga..heheheh..tapi juga jangan banyak-banyak..(pengalaman pribadi...hehheheh)

6. percaya dengan hasil yang sudah kamu kumpulkan, kalo kamu gag pede dengan hasil yang kamu kumpulkan, yang ada kamu akan streessss berat sebelum hasil ujian muncul.

7. Ndungone sing nggebesss, kata mbah-mbah terdahulu, biar dosene gag teliti waktu ngoreksi pekerjaaanmu, sehingga hasilmu gag jeblok-jeblok amat...heheheh..ajian luput...tak kasih ne ajiannya "Unuk Bin Aud Bin Adam Unak Pus"

8. tabah dan sabar dalam menghadapi cobaan dalam melihat nilai ujian yang diumumkan, iklas dengan hasil yang di dapatkan, serta bertekad meraih hasil yang lebih baik dikemudian hari.

10. jangan berputus asa, percayalah itu yang terbaik untukmu, setidaknya kamu sudah berusaha.

demikian kiat menghadapi ujian. kiat ini hanya untuk mahasiswa yang memang mengalami masalah dengan penguasaan materi di kelas...hehehheheh...untuk yang udah pandai,jangan sobong gan.....ilmu kamu gag ada apa apanya bagi Allah SWT...so, tetap rendah hati dan suka membantu sesama...semoga bermanfaaat!

5 komentar:

  1. sekedar komen aja deh
    1. untuk nomer satu,kebanyakan saya apalagi anda pastinya jarang mencatat..hanya butuh secarik kertas..begitu nulis besoknya secarik kertas itu udah hilang entah kemana...hhahhaha

    2.tujuan utama emang pengen belajar bareng...tapi kalo udah kena Remi ama PS udah lain ceritnya..pastinya bakal maen terus (tested)

    3.ini yang emang paling sering dipake..SKS. . tapi kalo masalah sholat tahajudnya pasti kebnyakan lebih milih tidurnya...hehehehehe

    4. kalo percaya diri itu sudah pasti...tapi gak tau bisa ngerjain ato gak...wkwkwkwkwkw

    5. wah...rasane ini yang paling banyak dipakai..apalagi perkembangan ilmu percontekan gak hanya sebatas selembar kertas atau buku tapi juga pake hape...(gak berlaku untuk fismat !!!!!!!)

    6. kayaknya ini tidak berlaku untuk saya...enjoy ae biarpun hasile nihil...hahahaha

    7. ndungo tok tanpa ada usaha yo sami mawon pak dhe

    8. sudah pasti

    9. yowes aku pasrah nek masalah seng trakhir...

    BalasHapus
  2. wahahhahahhahahaha............kita coba besok

    BalasHapus
  3. Tambah satu lagi gan.,Posisi menentukan Prestasi.

    BalasHapus
  4. siiiippp...yuuuukkkk mariii.........cikraakkkkkk

    BalasHapus
  5. iya juga sih, prestasi menentukan prestasi...tapi gag terlalu signifikan kayaknya...coba deh di cari tahu hubungan nya pake analisis statistik uji 2 pihak atau uji hipotesis.heheheh

    BalasHapus